Aksi Damai Warnai Memperingati Hari Buruh “May Day” Di Kutim

FB_IMG_1525154277439

DISKOMINFO PERSTIK-SANGATTA.  Dalam aksi unjuk rasa “demonstrasi” memang diatur dalam perundang-undangan. Sejauh ini baik Pemerintah pusat maupun daerah sangat mendukung saja dalam penyampaian aspirasi melalui unjuk rasa, namun dapat tetap berjalan kondusif.
Seperti pada peringatan hari buruh se-dunia “May Day”  tepatnya yang jatuh pada Selasa (1/5) tahun 2018 di ibu Kota Sangatta Kabupaten Kutai Timur dapat berjalan dengan damai.
Yang mana dalam peringatan hari buruh beberapa perwakilan serikat buruh beserta ratusan buruh tumpah ruah melakukan aksi konvoi dengan menggunakan kendaraan roda duanya dan berkeliling mengitari ruas-ruas jalan protokol di Sangatta.
Usai berkeliling konvoi dilanjutkan menuju gedung sekretariat DPRD Kabupaten Kutai Timur dan Kantor Pemerintahan Kabupaten Kutai Timur.
Selama aksi damai dibawah pengamanan penuh pihak kepolisian dalam hal ini Polres Kutai Timur.
Setibanya di Sekretariat DPRD dan depan kantor Pemkab Kutim dibawah pengamanan pihak kepolisian dan satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kutim ribuan demonstrasi tetap  menyampaikan berbagai kebijakan (aspirasi) terutama terkait dalam kebijakan aturan Pemutusan Hubungan Kerja secara sepihak termasuk perlakuan ketidak adilan yang dirasakan buruh terhadap realisasi pembayaran pesangon tidak sesuai dan dirasakan para korban PHK sehingga menyimpang (menyalahi aturan) dari perundang-undangan ketenaga kerjaan.
Ratusan buruh saat berdemo di depan sekretariat DPRD Kutim, langsung ditemui oleh Ketua DPRD Kutim H Mahyunadi, SE.
Sebelum dilakukan aksi unjuk rasa, belum lama ini Kapolres Kutim AKBP Teddy Ristiawan sempat menemui tiga perwakilan serikat buruh yang akan melakukan aksi long march dengan cara berkonvoi. “Saat pertemuan tersebut saya meminta baik kepada koordinator aksi demo para buruh dapat tetap menjaga keamanan, kenyamanan serta tetap kondusif,” urai orang nomor satu di Mapolres Kutim ini.
Berkat pendekatan dan koordinasi yang baik antara Polres Kutim dan perwakilan buruh, ternyata komitmen tersebut dapat dipenuhi oleh perwakilan buruh dengan menggelar aksi damai.(Tim Kominfo/Aji)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *