Bupati Ismunandar, Ingatkan Jagan Lakukan Pungutan Bila Tak Ada Dasar

IMG-20180729-WA0037

 

DISKOMINFO PERSTIK – SANGATTA.(Minggu 29/7) Bupati Kutai Timur, Ismunandar mengingatkan kembali kepada jajarannya, untuk bekerja sesuai aturan dan prosedur yang berlaku. Himbauan ini disampaikan terutama kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang melakukan pelayanan langsung berkenaan kepada masyarakat, seperti perizinan atau pelayanan lainnya.
Ismu mengatakan, bahwa pada saat ini upaya pencegahan dan pengungkapan terhadap tindak pidana korupsi sedang gencar-gencarnya dilakukan ileh aparat penegak hukum terutama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
“Hampir di semua daerah di Indonesia, setiap minggunya kerap ada saja pengungkapan kasus tindak pidana korupsi, terutama operasi tangkap tangan (OTT),” Ujar Bupati Ismu.
Lebih lanjut, Ismu mengatakan, saat ini beberapa Peraturan Daerah (Perda) maupun Peraturan Bupati (Perbup) terkait SOP pada instansi pemerintah yang memberikan pelayanan umum sudah disahkan. Ia menginstruksikan, jajarannya untuk bekerja sesuai dasar hukum dan aturan yang ada serta tidak menyimpang.
“Belajar dari peristiwa pengungkapan kasus korupsi yang terjadi di daerah lainnya, dan jangan sampai terjadi di Kutim,” pesan Ismu dalam pertemuan dengan sejumlah kepala OPD belum lama ini.
Ditambahkan olehnya , selama tidak menyalahi aturan yang berlaku dalam bekerja, kecil kemungkinan aparat pemerintah akan melanggar atau melakukan kecurangan. Dirinya mengingatkan, jika pada proses pengurusan perizinan atau pelayanan lainnya, yang memang tidak ada pungutan biaya, jangan sekali-kali melakukan pungutan dalam bentuk apapun karena jelas hal tersebut adalah Pungli.
“Jangan sekali kali bermain. Jika berani bermain tanggung sendiri akibatnya”. Ujar orang nomor satu di Kutim tersebut. (Tim Kominfo/R A)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *