Bupati Kutim Luncurkan Germas di Muara Ancalong, Masyarakat Antusias Penuhi Kegiatannya.

IMG-20180916-WA0008

 

DISKOMINFO PERSTIK – SANGATTA. Ditandai dengan senam dan makan buah bersama, ratusan masyarakat dan pelajar antusias penuhi Lapangan Sukarela, Desa Kelinjau Ilir, Kecamatan Muara Ancalong, Kabupaten Kutai Timur (Kutim). Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan pada hari Sabtu kemarin, ialah sebagai tanda bahwa telah diluncurkannya Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) di Kecamatan Muara Ancalong (8/9).

Peluncuran Germas tersebut, di buka langsung oleh Bupati Kutim, Ismunandar. Dalam keaempatan itu, turut hadiri pula Kadis Kesehatan Kutim dr. Bahrani, Sekretaris Dinkes Haryati Kepala Dinas Pendidikan Roma Malau, Kepala Dinas Sosial Jamiatulkhair Daik, Kepala Badan Pemberdayaan Masayarakat dan Pemerintah Desa (Bapemas) Suwandi, beberapa perwakilan anggota DPRD Kutim, Kapolsek Muara Bengkal, Camat Muara Ancalong H Helmi, Camat Muara bengkal Darmansyah serta Camat Longmesangat Emmanuel Eng.

Salah satu tujuan dilaksanakannya program Germas, ialah untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, sehingga dapat berdampak pada perilaku sehat serta terjaganya kesehatan masyarakat di seluruh wilayah Kutim.

“Hari ini Sabtu 8 September 2018, saya canangkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Saya berharap masyarakat Muara Ancalong dapat membiasakan diri untuk makan buah serta menjaga pola hidup yang sehat. Jika sehat, produktivitas masyarakat Insya Allah meningkat. Selanjutnya tercipta lingkungan yang bersih, serta beban masyarakat untuk merawat orang sakit berkurang.” ujar Bupati Kutim, Ismunandar.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kutim dr. Bahrani menambahkan, bahwa Germas adalah gerakan masyarakat hidup sehat yang prilakunya kita singkat dengan CERDIK.

“ CERDIK merupakan singkatan dari Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas fisik, Diet sehat dengan kalori seimbang, Istirahat cukup, dan Kelola stres.”  ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kutim tersebut.

Selanjutnya dr.Bahrani menjelaskan, kegiatan Germas ini dilakukan, sebagai bentuk upaya pemerintah dalam menangani penyakit menular maupun tidak menular.

“Germas sedang gencar digalakan oleh pemerintah sebagai upaya pencegahan penyakit tidak menular. Hal ini dilakukan karena penyakit-penyakit sekarang kebanyakan adalah penyakit yang tidak menular, seperti strok, darah tinggi, kencing manis, ginjal dan lain-lain. Jika kita menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, maka risiko atau kemungkinan untuk terkena penyakit ini akan berkurang,” jelasnya.

Selain ditandai dengan senam dan makan buah bersama, kegiatan Germas yang dilaksanakan oleh pemerintah Kabupaten Kutim melalui Dinas Kesehatan dan  Tim Penggerak PKK Kutim, dirangkai juga dengan kegiatan tes kesehatan dan pengobatan gratis bagi warga setempat. Disamping itu , dalam acara yang sama,
Pemkab Kutim bekerjasama dengan Ikatan Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI), telah menggelar Bakti Sosial berupa operasi katarak. ( Tim Kominfo / R A)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *