Kejar Kembali Aset Daerah, Pemkab Kutim Teken MOU Bersama Polres Kutim

IMG-20180730-WA0008

 

DISKOMINFO PERSTIK – SANGATTA. Dalam rangka pengawalan terhadap aset daerah, Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) bersama Kepolisian Resor (Polres) Kutim lakukan penandatanganan Nota Kesepahaman tentang Penanganan Barang Milik daerah Daerah (BMD) Kutim. Kegiatan yang berlangsung pada  ruang Tempudau Kantor Bupati, di Pusat Perkantoran Bukit Pelangi Sangatta itu, juga sekaligus dirangkai dengan Launching Proyek Perubahan (Proper) Sistem Pengawalan Aset Daerah (Si Amad) Kabupaten Kutai Timur (30/7).
Dalam kesempatan tersebut, Bupati Kutim Ismunandar didampingi Wakil Bupati Kasmidi Bulang mengapresiasi program kegiatan yang dilaksanakan oleh Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kutim dan Polres Kutim dalam rangka turut mengamankan aset daerah ini.
“Program ini sangat menarik, karena banyak aset Pemkab Kutim yang tidak terlacak dan terinventaris dengan baik. Untuk saya berharap melalui program ini pengelolaan aset di Kutim, baik barang bergerak maupun barang tidak bergerak dapat terinventarisir dengan baik. Termasuk barang – barang yang belum dikembalikan, dapat terlacak sehingga bisa dikembalikan,”  Ujar orang nomor satu di Kutim tersebut.
Sebelumnya, Kepala Bidang Aset, BPKAD Kutim, Teddy menyatakan bahwa kegiatan itu merupakan program dari BPKAD, yang mana salah satunya adalah pengamanan barang milik daerah (BMD). Teddy menganggap bahwa hal ini sangat penting mengingat aset barang milik daerah Kutim sampai saat ini tercatat 11,9 triliun rupiah, artinya aset Kutim sangat besar.
“Tentunya dengan angka sebesar itu, kami tidak dapat bekerja sendiri, untuk itu kami memohon kepada seluruh stakeholder terkait, dalam hal ini Kepolisian Resor Kutim agar bisa membantu menjalakan, mengawasi serta melakukan pengamanan bersama-sama” Ujarnya.
Teddy menambahkan, sejalan dengan intruksi Bupati tentang pengelolaanan aset daerah, hal ini harus berjalan transparan, akuntabel dan bisa dipertanggungjawabkan.
“MOU ini sendiri meliputi pengamanan barang milik daerah Kabupaten Kutim. Pengawasan, Pengendalian dan Penertiban barang milik daerah baik yang bergerak maupun tidak bergerak,” jelas Kepala Bidang Aset BPKAD Kutim tersebut.
Sementara itu, Kapolres Kutim AKBP Teddy Ristiawan mengatakan bahwa keberadaan Polres Kutim dan jajarannya, selain melaksanakan tugas pokok Kepolisian serta melakukan segala tugas fungsi yang beraneka ragam. Salah satu fungsinya adalah mendukung penuh Pemkab Kutim, dalam kegiatan – kegiatan seperti pengamanan aset, proses pembangunan daerah Kutim, dan turut serta dalam terselenggaranya kegiatan Pemerintah daerah dengan baik.
“Tujuan utama kita (Polres) adalah terselenggaranya Pemerintahan yang baik. Untuk itu keberadaan kami dengan dilaksanakannya MOU ini, mudah-mudahan kedepan dengan segala daya kemampuan yang kami miliki, akan bisa  mengupayakan aset Pemda Kutim untuk berada kembali dipangkuan Pemda Kutim,” tutup Teddy. (Tim Kominfo / R A)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *