Ketua BNNK Kutim Gelar “TOT” Wujud Antisipasi Peredaran Dan Penyalahgunaan Narkoba Sinergi Granat Bersosialisasi Di Kalangan Pelajar.

FB_IMG_1532157289447

 

DISKOMINFO PERSTIK – SANGATTA. Belum lama ini Wakil Bupati Kutai Timur H Kasmidi Bulang ST.MM baru saja menerima penghargaan (piagam) dari Badan Narkotika Nasional ( BNNK).
Pasca penerimaan plakat piagam tersebut Wabup Kasmidi pada Jumat (20/7) lalu berlangsung di gedung serba guna, langsung menggelar Training Of Trainer (TOT) dengan peserta dari perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan TNI serta Polri.
Yang mana TOT di perkasai langsung Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Kutai Timur, yang diketuai dan dibina langsung oleh Wabup Kasmidi.
Wabup Kasmidi mengungkapkan gelaran TOT sebagai tindak lanjut atas keprihatinan bersama, terkait kian maraknya peredaran dan penyalahgunaan narkotika di masyarakat. Tak hanya di perkotaan tapi sudah menjangkau ke tingkat desa.
“TOT gelaran BNK merupakan kegiatan penting untuk mengajak semua pihak saling bahu membahu menekan angka peredaran dan penyalahgunaan narkotika, karena bahaya narkoba tidak hanya tugas dan tanggung jawab TNI, Polri, BNNK akan tetapi masyarakat yang menjadi tanggung jawab bersama,” pungkas Ketua BNNK Kutim Kasmidi.
Kasmidi mengungkapkan narkotika dengan berbagai jenisnya rentan menyasar kalangan remaja terlebih pelajar sebagai generasi penerus bangsa, bahkan perkembangannya juga merasuki kalangan orang tua dengan beragam latar belakangnya.
Untuk itu melalui TOT sebagai bentuk upaya BNK Kutim untuk gerakan Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika. Dengan menjadikan para peserta sebagai trainer anti narkoba di lingkungan mereka masing-masing.
Kasmidi melanjutkan para peserta  TOT, turut  diberikan pengetahuan tentang penanggulangan dari awal, cara -cara pencegahan melalui beragam kegiatan, tentang undang undang yang mengikat kasus narkotika, pemberlakuakn pidana, hingga pasca terjerat kasus narkoba. Jadi pengetahuan yang diberikan menyeluruh. ” Yang mana kegiatan TOT dilangsungkan selama dua hari,” tutur Kasmidi.
Bak gayung bersambut belum lama ini Ketua Gerakan Anti Narkoba (Granat) Kutim, sekaligus Anggota DPRD Komisi D Herlang Mappatiti turut bersinergi dengan BNNK Kutim dalam mendukung berbagai upaya pencegahannya melalui berbagai sosialisasi di kalangan pelajar akan bahaya penyalahgunaan narkoba. (Tim Kominfo/Aji)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *