Kunjungan Kerja Kemaritiman Perairan Kutim – Bontang, Danlantamal XIII/Tarakan Tingkatkan Koordinasi Lintas Perairan Melalui survey lance System.

IMG_20180727_065451_702

 

DISKOMINFO PERSTIK – SANGATTA. Selain memimpin serah terima jabatan (Sertijab) Danlanal Sangatta yang baru, maksud tujuan kedatangan Danlantamal XIII/Tarakan, Kolonel Laut (P) Judijanto ke Sangatta, Kabupaten Kutai Timur, sekaligus kunjungan kerja terkait tentang tentang kondisi perairan di bawah wilayah hukum Lantamal XIII/Tarakan.
Yang mana menurut Lantamal XIII/Tarakan dari wilayah perairan kemaritiman hukumnya sangat memenuhi serta mendukung  akan kebutuhan TNI – AL yang terbilang besar.
“Tidak hanya sebatas dari sisi keamanannya saja, namun turut bersinergi dengan pemerintah daerah setempat dalam mendorong perekonomian dari lajur perairan, memperhatikan faktor keamanan pelayaran khususnya perairan Kutim dan Bontang yang mana kesemua itu merupakan tanggung jawab Lanal Sangatta,” imbuh Judijanto.
Selain itu pria berpangkat melati tiga Judianto juga mengungkapkan akan keberlangsungan hidup melalui pelestarian terumbu karang dan mangrove yang senantiasa terjaga dan terpelihara secara berkelanjutan. ” Kami akan membangun sistem integrasi dengan survey lance System atau pengamatan, mulai dari Lantamal sampai ke tingkat Lanal dan Pos AL. Sistem ini akan menjadi mata dan telinga kita. Ada kejadian apa diperairan wilayah hukum Lantamal XIII akan segera diketahui. Bahkan, masyarakat juga bisa melaporkan melalui website khusus. Sehingga tindakan apa yang perlu diambil bisa segera dilakukan,” imbuhnya.
“Selain itu turut bersama menjaga kelestarian terumbu karang dan mangrove,”tegas
Situasi di Lanal Sangatta dan wilayah hukumnya, menurut Judijanto memperlihatkan kebutuhan Angkatan Laut yang sangat besar. Tak hanya dari konteks kebutuhan keamanan. Tapi juga bagaimana membantu pemerintah daerah setempat, membantu dari sisi perekonomian daerah dari laut dan keselamatan pelayaran yang ada di wilayah perairan Kutai Timur hingga Bontang yang menjadi tanggung jawab Lanal Sangatta. Termasuk keamanan lingkungan perairan, yakni terumbu karang dan mangrove.
Sistem tersebut, kata Judijanto, sangat penting. Karena wilayah Lantamal XIII berada di perbatasan dua negara. Kemungkinan masuknya produk ilegal sangat besar. Salah satunya narkoba. Sehingga membutuhkan survey lance system dan sinergitas antar kesatuan.(Tim Kominfo/Aji)
 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *