Hut Kutim ke-19, Deperindag Gelar Lomba Desain Kemasan Produk Kerajinan Tangan dan Batik Lokal.

IMG-20181010-WA0040

DISKOMINFO PERSTIK – SANGATTA. Dalam memperingatan hari ulang tahun (Hut) Kabupaten kutai  Timur (Kutim) yang ke-19 tahun, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kutim  bersama dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Kutim, telah menggelar lomba produk kerajinan tangan , kemasan dan desain untuk batik lokal (10/10).
Pagelaran yang di ikuti oleh 30 orang peserta yang terdiri dari umum dan pelajar itu, berlangsung di Gedung Graha Expo, Kawasan Perkantoran Bukit Pelangi Sangatta.
Kegiatan yang memperebutkan total hadiah sebesar dua puluh juta rupiah tersebut, terbagi dalam beberapa kategori. Diantarnya bentuk kemasan, kerajinan tangan umum dan lomba desain batik lokal yang khusus di ikuti oleh peserta pelajar.
Saat ditemui awak media, ketua panitia lomba yang juga sebagai Kasi Industri dan Agromanufaktur Disperindag Kutim, Rifani indranata,SE, menjelaskan bahwa kegiatan ini diselenggarakan untuk memeriahkan Expo dalam rangka Hut Kutim yang ke-19 tahun.
“Hal ini bertujuan untuk ikut memeriahkan Hut Kutai Timur, dengan mengadakan beberapa lomba tingkat umum atau masyarakat umum dan pelajar tingkat SLTP. Perlomba tersebut berupa kemasan, desain-desain kerajinan dan desain batik,” ucapnya.
“Untuk tingkat SLTP khusus untuk mengikuti desain batik motif local, dan hadiah ini kita siapkan uang pembinaan untuk juara 1, 2 dan 3 umum begitu juga SLTP dengan total hadiah dua puluh juta rupiah,” jelasnya.
Lebihlanjut Rifani mengatakan lomba yang di ikuti oleh 30 peserta ini, melibatkan tiga dinas sebagai tim penilai yakni Dinas Koperasi Kutim, Dinas Pendidikan Kutim dan dari Disperindag sendiri. Perlombaan itu sendiri dilaksanakan hanya dalam kurun waktu selama satu hari saja. Terhitung dari pukul 12.00 wita sampai pukul 03.00 wita.
“Diharapkan dengan adanya perlombaan ini dapat meningkatkan kualitas produk, kemasan dan citra merek olahan yang di hasilkan oleh usaha kecil dan menengah (UKM) yang ada di Kutim, sehingga dapat meningkatkan perekonomian khususnya di kabupaten Kutim. (Tim Kominfo / R A)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *