Terkait Latgab TNI, Kemhan Lakukan Pengumpulan Data Litbang Di Wilayah Kodim 0909 Sangatta.

IMG-20181028-WA0033

 

DISKOMINFO PERSTIK – SANGATTA. Beberapa waktu lalu, Kabupaten Kutai Timur (Kutim), telah kedatangan tiga pejabat dari Kementrian Pertahanan (Kemhan), untuk meninjaui lokasi Latihan Gabungan (Latgab) Tentara Nasional Indonesia (TNI). Hari ini, Kutim kembali didatangi oleh perwakilan tim dari Kemhan, Rabu (24/10).
Masih dalam misi yang sama. Kedatangan perwakilan Kemhan ke pantai Sekerat, Jepu-Jepu Kecamatan Bengalon dan Kaliorang di Kutim, untuk melakukan pengumpulan data litbang, guna penentuan daerah uji coba peluncuran Roket Pertahanan ( R-HAN 122) pada saat melakukan Latgab TNI di wilayah teritorial Kodim 0909 Sangatta.
Pengumpulan data pada wilayah rekomendasi, sekaligus dimaksudkan untuk meninjauai ketepatan lokasi, sebagai tempat uji peluncuran R-HAN 122 pada wilayah yang ada. Mengingat besaran luas wilayah Kutim didominasi 68,35% oleh hutan dan sisanya dataran yang terbagi menjadi 29 pulau kecil. Maka, ketepan pun harus diperhitungkan.
“Kehadiran kami datang  untuk mengumpulkan data dan melihat wilayah, apakah wilayah tersebut layak untuk dijadikan tempat peluncuran.
Tidak serta merta lokasi yang kita datangi cocok untuk reperensi daerah peluncuran roket, untuk itu Kemenhan harus bersinergi dengan pemerintah diwilayah.” ungkap Kepala Bidang Sarana dan Prasarana, Kemhan, Drs. Fujiantoro, MM.
Maka, dalam hal ini kesatuan wilayah wajib menyiapkan tempat aman sebagai lokasi peluncuran roket pada saat pelaksanaan Latgab TNI.
Masih dalam kesempatan yang sama saat peninjauan, Peneliti Mady Puslidbang Kemhan, Kolonel Inf. Budi Kusworo, menjelaskan, R-HAN 122 memiliki daya jangkau hingga 100 kilometer. Roket ini merupakan produk buatan anak bangsa dan telah diproduksi secara masal. Untuk itu, dirinya menyatakan R-HAN 122 telah sesuai dengan kebutuhan akan Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia  (NKRI).
“Kita berduskusi mencari soslusi, untuk penentuan lokasi yang cocok dilaksanakan uji coba.” ucap
Peneliti Mady Puslidbang Kemhan, Kolonel Inf. Budi Kusworo.
Sementara itu, mengutip dari berita sebelumnya. Dandim 0909 Sangatta, Letkol Inf. Kamil Bahren Fasha mengatakan, dalam pantauan Pejabat Kemhan pada lokasi Latgab TNI di Kutim, dilaksankan satu hari. Mengenai kepastian lokasi, belum ada ketentuan final. Sebab, ada beberapa lokasi alternative yang akan menjadi tempat pelaksanaan Latgab TNI tersebut.
“Jadi hanya sekadar memantau saja dulu. Hanya saja, di Kutim sudah sering dilaksanakan.” katanya. (Tim Kominfo / R A)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *