Latgab Waspada Kebakaran Bersama Kodim 0909 Sangatta Dan Makorem 091/ASN

20

 

DISKOMINFO PERSTIK- SANGATTA. Wilayah Ibu Kota Sangatta, Kabupaten Kutai Timur terbilang kawasan yang memiliki hasil kekayaan kandungan batu bara-nya. Maka tak heran di Sangatta baik  dari wilayah kecamatan dan pelosok desa banyak terdapat areal perusahaan pertambangan batu bara.
Untuk itu Kutim terbilang kawasan perbukitan diatasnya banyak terdapat lahan gambutnya. Di dasar (lapisan) tanah wilayah perbukitan tersebut didapati kandungan batu bara aktif. Sehingga rawan akan terjadi kebakaran lahan.
Terlebih banyak oknum warga yang terkadang membakar areal lahan untuk perluasan perkebunan sawit atau pengembangan pemukiman warga. Untuk mengantisipasi kerawanan kebakaran maka pada Senin (23/4) berlangsung di Makodim 0909/ Sangatta digelar Latihan Gabungan (Latgab) Posko I Waspada LVII dengan mengusung tema “Kodim 0909 – Sangatta, melaksanakan tugas bantuan kepada pemerintah daerah dalam rangka menanggulangi bahaya kebakaran hutan dan lahan di wilayah” tegas Dandim 0909 Sangatta Letnan Kolonel Inf Kamil Bahren Pasha S.Sos, M.A.
Dandim Kamil Bahren menjelaskan Latgab Posko I Waspada LVII dibuka langsung oleh Kasiops Korem 091/ASN Kolonel Inf Eben Ezer Lumban Tobing dan disaksikan Bupati Kutim H Ir Ismunandar, MT.
Melalui Kasi Korem 091/ASN Kolonel Inf Eben Ezer turut menyampaikan sambutan Danrem 091/Asn Brigjen Irham Waroihan, yang mana Danrem berpesan bahwasannya latihan posko yang digelar bertujuan memberikan pengetahuan dan kemampuanmelakukan kegiatan yang telah di pelajari atau dilatihkan agar menguasai dan mahir melaksanakan prosedur kerja Komandan dan staf Kodim 0909/Sgt mulai dari tahap perencanaan, persiapan dan pengendalian suatu operasi.
Latihan ini melibatkan lebih dari 200 personel, selain dari Kodim adapula dari Korem 091/Asn dan beberapa Instansi terkait.
Dandim Kami Baren menegaskan saat sekarang saja pihaknya telah mendeteksi adanya beberapa titik api. Namun dapat segera ditindaklanjuti sehingga tidak berdampak pada kebakaran hutan yang meluas. “Saya mengimbau kepada masyarakat  Kutim untuk tidak lagi membakar lahan yang bisa berakibat pada kebakaran hutan dan lahan,” imbau ya diakhir keterangan pers-nya kepada awak media.(Tim Kominfo/Aji)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *