Masyarakat Dusun Desa Rindang Benua Gelar Pesta Adat U’O AJAU 2018

FB_IMG_1529791646713

 

DISKOMINFO PERSTIK – SANGATTA. Memasuki masa panen raya baik pemangku tetua adat, kelompok tani dan tokoh masyarakat Desa Rindang Benua Kabupaten Kutai Timur pada Sabtu (23/6) pagi, meluapkan rasa syukur setelah memasuki masa panen. Yang mana Desa Rindang Benua mayoritas suku Dayak Kenyah, atas rasa syukur itu maka segenap elemen masyarakat Desa Rindang Benua menggelar ritual adat setempat yang dikenal dengan pesta adat U’O AJAU 2018.
Kepala Dusun Desa Rindang Benua Sekimin menjelaskan ritual “U’O AJAU” artinya kegiatan syukuran adat setelah panen yang mana kegiatan ini pada intinya adalah proses penumbukan beras ketan sebagai ritual sakral yang biasa di sebut juga mencaq udat. Yang mana dalam prosesi sakral turut dibuka langsung oleh Bupati Kutai Timur H Ir Ismunandar ditemani istri tercinta sekaligus Wakil Ketua DPRD Kutim Bunda Hj.Encek UR Firgasih, SH, menantu Dian, putri kandung Bupati dan Wakil Ketua DPRD  tercinta Rizky Amalia serta dua putri mungil cantik cucu dari orang nomor satu di Pemkab  Kutim.
Dalam sambutannya Bupati Ismunandar bersama Wakil Ketua DPRD akan mendorong dan mendukung berbagi perhelatan pentas seni dan budaya se-Kabupaten Kutai Timur.”Terlebih istri saya Bunda Encek Firgasih juga didaulat sebagai Bunda Pariwisata-nya di Kutim,” ucapnya.
Ismunandar berharap peran serta stake holder dapat berpartisipasi dalam memberikan snerginitas akan berbagai agenda event tradisi seni dan budaya di Kutim.
Apa yang disampaikan Bupati senada dengan harapan warga setempat terkait peran serta stake holder seperti perusahaan KPC, Pertamina, Indominco dapat bersama pemerintah turut memajukan berbagai sektornya termasuk seni dan budayanya.
“Keberadaan Dusun Desa Rindang Benua tidak hanya didiami warga Dayak saja, akan tetapi beragam suku daerah lainnya secara luasnya Kutai Timur, sehingga dengan kemajuan di sektor wisata yang didukung pula dengan sarana infrastrukturnya sangat mendongkrak pendapatan daerah,” terang kepala Desa Dusun kembali Sekimin.
Sekimin dihadapan tersebut turut memperkenalkan sektor wisata alam yaitu air terjun Bantur Benua Indah, yang hendaknya dapat terkelola lebih baik lagi.(Tim Kominfo/Aji)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *