Studi Lab Tindak Lanjut MoU SMART City Untuk Acuan Skala Prioritas Layanan Masing – Masing OPD

IMG-20180509-WA0034

 

DISKOMINFO PERSTIK- JAKARTA. Pasca penandatanganan Nota Kesepahaman Gerakan Menuju 100 Smart City  yang tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) pada Selasa (8/5) di Red Top Hotel Jakarta Pusat oleh Bupati Kutai Timur H Ir Ismunandar, MT.
Maka kunjungan kerja luar daerah hari kedua Rabu (9/5), Sekretaris Daerah Kabupaten Kutai Timur Drs.H.Irawansyah memimpin langsung perwakilan kepala Organisasi Perangkat Daerah di Kabupaten Kutai Timur dengan menyambangi Living Lab SMART City PT Telkom Indonesia, kawasan Gunung Sahari Jakarta Pusat.
Dipandu tim manajemen HRD PT Telkom Indonesia Sekda Kutim Irawansyah didampingi Kadis Kominfo Moch Erlyan Noor, Kadisdukcapil Januar, Kepala Bapenda Musyaffa, Kadis Permintaan Nanda, Kabag Perlengkapan Wahyu dan jajaran Staf Diskominfo Kutim mendapatkan pemaparan dan pengenalan beragam ruang pelayanan Living lab Smart City.
Memasuki ruang lab rombongan Pemkab Kutim dihadapkan berbagai kecanggihan tekhnologi baik berbasis internet, website informasi, panel Penerangan Jalan Umum (PJU) yang dioperasikan melalui gudget (touchscreen) secara online “internet”
Beragam aplikasi gudget (touchscreen) era digital modern turut diperkenalkan dalam membantu pelayanan birokrasi pemerintahan baik mulai sistem aplikasi layanan absensi. Menariknya dalam memperketat kehadiran pegawai, tenaga kontrak kerja daerah (TK2D) dapat memonitor absensi termasuk mendeteksi keberadaan PNS dan TK2D degan radius jangkauan luas.
Begitu juga pendataan data wajib pajak dalam memonitor para wajib pajak dalam pembayaran pajak untuk memudahkan pengawasan dan monitoring pelayanan berbagai pajak maupun perijinan.
Hampir semua prasarana yang berada di lab Smart City berbasis modernisasi kecanggihan pelayanan secara online.
Puas mendapatkan pemaparan dari manajemen PT Telkom, nantinya Irawansyah akan kembali berkoordinasi dengan Bupati Kutai Timur Ismunandar, Wabup Kutim H Kasimidi Bulang, ST.MM akan hasil studi lab di Smart City Telkom Indonesia.
“Sebelumnya kami juga turut melibatkan pakar IT (ahli) dari UGM Yogyakarta didatangkan langsung ke Kutim dalam pengembangan layanan online tersebut,” tegas Irawansyah.
Irawansyah juga akan kembali berkoordinasi selain dengan Bupati, Wabup tetapi juga dari UGM ” Aplikasi sistem layanan apa yang diperlukan pada masing-masing OPD dalam membatu pelayanan nantinya,” tutup Irawansyah kepada awak media G Priority Jakarta dan Publikasi tim Kominfo Kutim.(Tim Kominfo /Aji)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *