
BPJS Kesehatan Terus Berinovasi Berikan Kemudahan Layanan Bagi Peserta
SANGATTA - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan terus berupaya melakukan inovasi dalam menyediakan berbagai layanan. Khususnya kemudahan layan non tatap muka, yakni dengan memanfaatkan kanal-kanal layanan yang tersedia seperti Aplikasi Mobile JKN, Care Center 165, CHIKA (Chat Asisten JKN), VIKA (Voice Interactive JKN) dan PANDAWA (Pelayanan administrasi melalui WhatsApp).
Melalui berbagai kanal layanan ini, maka masyarakat dapat menikmati kemudahan dalam pengurusan BPJS kesehatan tanpa harus tatap muka. Bahkan berbagai administrasi mudah dilakukan hanya dengan satu genggaman melalui Handphone (Samrtphone).
Seperti yang disampaikan oleh Kepala Kantor BPJS Kutai Timur (Kutim), Herman Prayuda bahwa diharapkan peralihan segmentasi peserta melalui digitalisasi mobile JKN ataupun melalui kanal-kanal yang tersedia, mulai dari chat WA Pandawa, Care Center 165 dapat memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan BPJS Kesehatan berbasis online.
“Diaplikasi ini mobile JKN sudah ada layanan kartu digitalisasi, sehingga apabila sakit namun lupa membawa kartu BPJS bisa menunjukan Handphone melalui mobile JKN yang sudah ada kartu digiitalnya, oleh karena itu masyarakat tidak mengalami kendala dalam mendapatkan layanan Kesehatan,” ujar Herman.
Herma berharap dengan adanya kanal layanan peserta tanpa tatap muka ini masyakat Kutai Timur bisa mendownload aplikasi mobile JKN dan memanfaatkannya secara optimal. Apabila ada keluhan atau kendala bisa disampaikan melalui aplikasi mobile JKN ini.
Lebih jauh ia menjelaskan, kanal VIKA siap memberikan informasi tentang status kepesertaan dan tagihan iuran peserta JKN-KIS, caranya cukup dengan menghubungi nomor telepon 165 untuk operator selular dan 012-165 untuk pengguna telepon rumah, maka dapat terhubung dengan BPJS Kesehatan Care Center 165.
“Setelah terhubung, peserta dapat menekan angka 1 untuk pengecekan status kepesertaan atau angka 2 untuk pengecekan status tagihan iuran,” jelas Herman.
Selanjutnya, untuk layanan CHIKA, sambung Herman dapat memberikan informasi tentang skrining Riwayat Kesehatan, layanan pandawa, status kepesertaan dan data tagihan iuran peserta, lokasi fasilitas Kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan dan Lokasi kantor BPJS Kesehatan.
“Cukup dengan chatingn ke nomor 08118750400 melalui WhatApp dan telegram @Chika_BPJSKesehatan_bot atau melalui Facebook Massenger BPJS Kesehatan,” ucapnya.
Penulis : Daus
Editor : Joni