
Kemenpan RB Launching Kompetisi P4 Se Indonesia, Diskominfo Kutim Ikut Berpartisipasi
SANGATTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Republik Indonesia melaksanakan kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (P4) tahun 2021. Pelaksanaan kompetisi yang ke 4 ini, peserta terdiri dari berbagai unsur, mulai dari Kementerian, Lembaga, Daerah dan Instansi Se Indonesia. Dalam kompetisi yang dilakukan secara virtual itu, Dinas Kominfo dan Perstik Kabupaten Kutai Timur (Kutim) turut mengikuti launching kompetisi tersebut sekaligus sebagai peserta secara online atau daring (dalam jaringan), di Ruang Live Room, Diskominfo Perstik Kutim, Kamis (17/2/2022).
Dari Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) dihadiri oleh Plt Asisten Administrasi Umum (Admum) Rizali Hadi, didampingi Sekretaris Diskominfo Perstik Ronny Bonar Siburian beserta jajarannya Dinas Kominfo Perstik Kutim.
Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan RB, Diah Natalisa saat membuka acara launching mengatakan, perjalanan kemanjuan zaman sekarang memasuki dua momentum penting, yaitu globalisasi dan revolusi indutrsi 4.0 yang teknologi menjadi puncak peradaban manusia. Paradigma masyarakat semakin menuntut kapasitas negara, melalui pemerintahan dinamis dan transformative dalam merespon pengaduan, dampak pelayanan tranformasi Pemerintahan sangat signifikan tidak hanya meningkatkan kepercayaan, kapasitas pelayanan sehingga mewujudkan Negara dalam posisi organisasi yang hidup dari rakyat dan hidup untuk melayani rakyat.
“Masyarakat memiliki hak mendapatkan pelayanan Publik yang berkualitas sesuai dengan standar pelayanan yang berlaku. Sektor Pelayanan Publik dan diharapkan masyarakat ikut berperan dalam menyampaikan Aspirasi dan Pengaduan melalui kanal resmi Pemerintah,” ucapnya.
Sementara itu, Plt Asisten Admum Rizali Hadi mengatakan, dengan adanya kompetesi P4 menjadi dorongan dan semangat bagi Pemerintah Daerah untuk lebih memperhatikan pengaduan-pengaduan masyarakat.
"Sehingga masyarakat tidak terkesan, seolah-olah tidak mendapat perhatian terhadap apa yang menjadi keinginan masyarakat. Karena setiap pelaporan itu harus ditindaklanjuti dan harus ditangani," ucapnya.
Lebih lanjut Rizali menambahkan, selama ini pelayanan masih kurang maksimal karena belum terintegrasi secara optimal. Walaupun selama ini sudah dijalankan, namun perlu ada kesepahaman antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar bisa terintegrasi dengan baik.
Rizali menilai, hal inipenting, perlu ditindaklanjuti karena akan berkaitan dengan kinerja dan laporan pertanggungjawaban Pemerintah Daerah.
"Perlu ada keinginan kuat bersama untuk memperbaiki layanan kepada masyarakat, terutama dalam hal pengelolaan pengaduan masyarakat terhadap beberapa permasalahan yang dihadapi masyarakat itu sendiri," kata Rizali.
Sebagai informasi, kompetisi P4 ini merupakan kegiatan penjaringan, seleksi, penilaian dan pemberian penghargaan kepada penyelenggara pelayanan Publik dilingkungan Kementerian, lembaga Pemerintah Daerah , Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), perguruan tinggi dalam hal ini terfokus pada Sistem Pengelolaan Pelayanan Publik Nasional (SP4N-Lapor!).
Kompetisi P4 tersebut, merupakan tahun ke 4, yang mana pelaksanaan penilaian oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan RB), Kementerian Dalam Negeri , Kementrian Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik, Staf Presiden, Ombudsman, The Korea International Cooperation Agency (KOICA), United National Development Programme(UNDP). Pembukaan ditandai dengan penekanan tombol alarm sebagai simbolis kegiatan Launching Pelaksanaan Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (P4) se Indonesia dengan jadwal penilaian pada tanggal 15-17 Mei 2022.
Dinas Kominfo dan Perstik Kabupaten Kutai Timur selaku Koordinator Sistem Pengelolaan Pelayanan Publik Nasional (SP4N-Lapor!) Kabupaten Kutai Timur akan mengoordinasikan terkait Pelaksanaan Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (P4) Tahun 2021 se- Indonesia ke seluruh OPD selaku Pejabat Narahubung SP4N-Lapor! dalam waktu dekat.
Penulis : Ida/Daus
Editor : Joni