
Persiapan Ikuti Kompetisi SP4N-LAPOR Gelaran KemenPAN-RB, Diskominfo Bertandang ke PPID Kaltim
SAMARINDA- Layanan pengaduan di instansi pemerintah menjadi salah satu fokus kerja Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB). Salah satu upaya memperkuat layanan pengaduan untuk masyarakat, KemenPAN-RB menggelar Sosialisasi Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (P4) untuk yang ke-4 kalinya.
Sebagai persiapan untuk mengikuti kegiatan itu,
berbagai persiapan dilakukan oleh Dinas Komunikasi Informatika, Persandian dan
Statistik (Diskominfo Perstik) Kabupaten Kutai Timur (Kutim). Terkini, pihaknya
melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Pejabat Pengelola Informasi dan
Dokumentasi (PPID) Utama Provinsi kalimantan Timur (Kaltim), Samarinda, Rabu (24/2/2022).
Kunker
kali ini dipimpin Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik, Lisa Komentin
beserta pejabat fungsional dan staf. Pihaknya disambut dengan hangat oleh
Kepala Seksi Pelayanan Informasi dan Penguatan Kapasitas Sumber Daya Komunikasi
Publik, Andi Abd Razaq dan jajarannya.
Lisa
menyampaikan kunjungan kali ini bertujuan sharing terkait persiapan bahan
materi kompetisi Sistem
Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional - Layanan Aspirasi dan
Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR) dalam waktu dekat.
"Tahun
ini merupakan kali pertama Kutai Timur mengikuti kompetisi ini. Kami (Diskominfo
Kutim) berharap, kiranya bisa mendapatkan masukan dari PPID Provinsi Kaltim
dalam persiapan pengelolaan SP4N-LAPOR.
Kita berharap Kutim dapat masuk kriteria nominasi," ungkap Ica (sapaan
karib Lisa).
Lebih
lanjut Ica menambahkan, Diskominfo Kutim melalui PPID telah banyak mendapat laporan
masyarakat yang masuk di aplikasi SP4N-LAPOR.
Ia mengakui, saat ini pihaknya masih melakukan pembenahan, dalam pengelolaan
penyelesaian laporan tersebut, karena melibatkan beberapa Organisasi Perangkat
Daerah (OPD) terkait.
Sementara
itu, Kasi PIPK Sumber Daya Komunikasi Publik, Andi Abd Razaq berterima kasih
atas kedatangan Diskominfo Perstik Kutim, dalam rangka persiapan mengikuti Kompetisi
SP4N-LAPOR. Dikatakan Andi, bahwa PPID Provinsi juga sedang melakukan mempersiapkan.
"Selain
itu, diperlukan penyusunan rencana aksi SP4N. Saat ini kami sedang mempersiapkan
regulasi dan SOP yang mengatur pengelolaan SP4N Provinsi Kaltim, Kabupaten
perlu memantapkan sarana dan prasarana serta infrastruktur setelah itu tahap pendampingan ke OPD. Percepatan
penyelesaian tindak lanjut laporan yang masuk juga menjadi indikator penilaian,
Diskominfo Kutim selaku koordinator harus aktif berkoordinasi dengan OPD,"
tutupnya.
Untuk
dikatahui, akhir dari kompetisi ini adalah memilih peserta terbaik dari empat
kategori, diantaranya kategori outstanding achievement, kategori aspek
pengelolaan dan perubahan terbaik, kategori aspek berkelanjutan, konektivitas
dan dampak terbaik serta kategori Unit Penyelenggara Pelayanan Publik (UPP)
terbaik.
Penulis
: Ida
Editor
: Joni