Thu 24/02/2022
  admin Berita

Persiapan Ikuti Kompetisi SP4N-LAPOR Gelaran KemenPAN-RB, Diskominfo Bertandang ke PPID Kaltim

SAMARINDA- Layanan pengaduan di instansi pemerintah menjadi salah satu fokus kerja Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB). Salah satu upaya memperkuat layanan pengaduan untuk masyarakat, KemenPAN-RB menggelar Sosialisasi Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (P4) untuk yang ke-4 kalinya.

Sebagai persiapan untuk mengikuti kegiatan itu, berbagai persiapan dilakukan oleh Dinas Komunikasi Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfo Perstik) Kabupaten Kutai Timur (Kutim). Terkini, pihaknya melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama Provinsi kalimantan Timur (Kaltim), Samarinda, Rabu (24/2/2022).

Kunker kali ini dipimpin Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik, Lisa Komentin beserta pejabat fungsional dan staf. Pihaknya disambut dengan hangat oleh Kepala Seksi Pelayanan Informasi dan Penguatan Kapasitas Sumber Daya Komunikasi Publik, Andi Abd Razaq dan jajarannya.

Lisa menyampaikan kunjungan kali ini bertujuan sharing terkait persiapan bahan materi kompetisi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional - Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR) dalam waktu dekat.

"Tahun ini merupakan kali pertama Kutai Timur mengikuti kompetisi ini. Kami (Diskominfo Kutim) berharap, kiranya bisa mendapatkan masukan dari PPID Provinsi Kaltim dalam persiapan pengelolaan SP4N-LAPOR. Kita berharap Kutim dapat masuk kriteria nominasi," ungkap Ica (sapaan karib Lisa).

Lebih lanjut Ica menambahkan, Diskominfo Kutim melalui PPID telah banyak mendapat laporan masyarakat yang masuk di aplikasi SP4N-LAPOR. Ia mengakui, saat ini pihaknya masih melakukan pembenahan, dalam pengelolaan penyelesaian laporan tersebut, karena melibatkan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Sementara itu, Kasi PIPK Sumber Daya Komunikasi Publik, Andi Abd Razaq berterima kasih atas kedatangan Diskominfo Perstik Kutim, dalam rangka persiapan mengikuti Kompetisi SP4N-LAPOR. Dikatakan Andi, bahwa PPID Provinsi juga sedang melakukan mempersiapkan.

"Selain itu, diperlukan penyusunan rencana aksi SP4N. Saat ini kami sedang mempersiapkan regulasi dan SOP yang mengatur pengelolaan SP4N Provinsi Kaltim, Kabupaten perlu memantapkan sarana dan prasarana serta infrastruktur  setelah itu tahap pendampingan ke OPD. Percepatan penyelesaian tindak lanjut laporan yang masuk juga menjadi indikator penilaian, Diskominfo Kutim selaku koordinator harus aktif berkoordinasi dengan OPD," tutupnya.

Untuk dikatahui, akhir dari kompetisi ini adalah memilih peserta terbaik dari empat kategori, diantaranya kategori outstanding achievement, kategori aspek pengelolaan dan perubahan terbaik, kategori aspek berkelanjutan, konektivitas dan dampak terbaik serta kategori Unit Penyelenggara Pelayanan Publik (UPP) terbaik.

Penulis : Ida

Editor : Joni